Masih susah mencari pekerjaan? Yuk Coba Tips Di bawah ini

Bosan dengan pengangguran? Atau Anda menginginkan sesuatu tetapi tidak memiliki cukup uang untuk membelinya? Jika demikian, hanya ada satu solusi, yaitu bekerja. Namun pada kenyataannya, mencari pekerjaan juga semakin sulit, karena dari tahun ke tahun juga banyak persaingan dengan pencari kerja. Apakah Anda lulusan baru atau lulusan baru dan mereka yang memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Walaupun seperti itu kamu tidak boleh berhenti karena ada beberapa perusahaan seperti perusahaan outsourcing yang selalu membutuhkan tenaga kerja seperti kamu. Ini adalah beberapa tips yang harus Anda praktikkan untuk mendapatkan pekerjaan cepat, silakan baca dan dengarkan baik-baik.

1. Pilih pekerjaan yang tepat untuk keahlian Anda

Harap diperhatikan bahwa menemukan pekerjaan yang tepat merupakan faktor penting. Selain membuat Anda betah bekerja di perusahaan nantinya jika berhasil melamar, perusahaan juga sangat membutuhkan orang-orang yang mengetahui bidang yang akan mereka geluti.

Misalnya, Anda adalah lulusan baru yang hanya memiliki pengetahuan atau pengetahuan dan tidak memiliki pengalaman di bidang yang diinginkan. Tentu saja, itu tidak masalah. Ini bisa dilatih, hanya perlu tumbuh karena dasar-dasarnya.

2. Kembangkan jaringan Anda

Faktor kedua ini memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Bukan rahasia lagi bahwa memiliki jaringan atau koneksi yang bersahabat memiliki banyak keuntungan, salah satunya dalam bidang pekerjaan.

Memiliki jaringan pertemanan yang luas berguna untuk mengumpulkan informasi tentang tawaran pekerjaan, dan tidak jarang jaringan teman Anda menawarkan pekerjaan ketika Anda mengetahui bahwa perusahaan membutuhkannya. Selain informasi pekerjaan yang diperoleh dari jaringan pertemanan, Anda juga akan menerima informasi lain yang sangat penting. Misalnya skala gaji serta kelebihan dan kekurangan pekerjaan tersebut.

4. Mencari pekerjaan secara online

Saat ini mencari pekerjaan menjadi jauh lebih mudah karena kita bisa mencarinya melalui platform online. Selain lebih mudah, pekerjaan yang bisa kita cari di platform online akan jauh lebih banyak. Untuk melamar pekerjaan secara online, senjata utama kita ada CV atau resume.

CV akan dikirimkan ke alamat email perusahaan untuk langsung diseleksi oleh HRD. Dengan sistem rekrutmen online seperti ini, jelas ada keuntungan tersendiri. Selain tidak harus menghadiri bursa kerja atau mungkin harus berpindah-pindah dari kantor ke kantor, Anda juga bisa mengirimkan puluhan resume ke alamat email perusahaan yang membutuhkan bantuan karyawan Anda dalam waktu singkat.

5. Pastikan Data CV Lengkap

Kita sering menemukan para pencari kerja cenderung mengabaikan berbagai data yang tertera di CV mereka. Banyak dari mereka hanya memasukkan data umum, meskipun semakin lengkap dan detail datanya, semakin luas peluang kerja, dan dalam bahasa HRD.

Data berikut harus ditinjau untuk memastikannya disertakan dalam CV, termasuk;

  • Data Pribadi; nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan alamat email
  • Pendidikan Pengalaman Karir
  • Keterampilan
  • Prestasi
  • Organisasi yang Anda ikuti

Selain tips di atas, kamu juga bisa mengasah skill yang mungkin jarang dimiliki oleh orang lain. Dengan begitu ada beberapa perusahaan seperti perusahaan water treatment Indonesia, Perusahaan batu bara, Penerbangan dan lain sebagainya yang akan membutuhkan keahlian kamu.